Beberapa Tipe Rumah Sakit di Dunia

Tipe Rumah Sakit di Dunia – Rumah sakit atau hospital berasal dari kata dalam bahasa Latin, yaitu hospes. Apa, sih arti hospes?

Hospes berarti tuan rumah. Kata hospes tidak hanya menjadi akar kata dari hospital (rumah sakit), tetapi juga juga hotel dan hospitality.

Rumah sakit memiliki fokus utama dalam memberikan pelayanan kesehatan untuk masyarakat umum.

Karena ada sekian banyak penyakit di dunia dan penanganan yang tentu saja berbeda, tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak tipe rumah sakit di dunia?

Mengapa rumah sakit di dunia dibedakan menjadi tipe- tipe yang berbeda?
tipe-tipe-rumah-sakit-yang-ada-di-dunia-serta-informasi-mengenai-masalah-yang-ditangani
Yang utama, karena rumah- rumah sakit di dunia menangani berbagai macam keluhan dan penyakit yang tentu saja membutuhkan penanganan dan fasilitas- fasilitas yang berbeda- beda untuk tiap penyakit dan individu.

Oleh karena itu, ada banyak tipe- tipe rumah sakit yang secara general dibedakan berdasarkan tujuan san sifat dari rumah- rumah sakit tersebut.

Apa sajakah tipe rumah sakit di dunia yang dimaksud? Simak ulasan berikut, ya!

Kumpulan Tipe Rumah Sakit di Dunia

Pertama, dari yang paling umum, yaitu Rumah Sakit Umum. Apa, sih rumah sakit umum itu?

Rumah sakit umum adalah rumah sakit yang menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjangperawatan medis maupun operasi namun fasilitasnya masih minim, belum spesifik.

Rumah sakit umum ini biasanya memang diharuskan untuk menyediakan peralatan untuk perawatan medis dan peralatan dan perlengkapan bedah yang lengkap.

Kedua, rumah sakit umum menengah. Rumah sakit tipe ini sebenarnya mirip dengan rumah sakit umum, namun fasilitasnya tidak selengkap rumah sakit umum.

Rumah sakit umum menengah menyediakan fasilitas perawatan medis dan bedah untuk sakit, luka, dan bersalin.

Umumnya, secara rinci menyediakan fasilitas x ray, fasilitas isolasi, bersalin, ruang operasi, dan laboratorium dengan peralatannya.

Ketiga, rumah sakit penyakit menular (rumah sakit pemulihan). Rumah sakit ini ditujukan untuk masyarakat atau pasien yang memiliki penyakit kronis.

Memiliki beberapa fasilitas seperti, fasilitas x ray, fasilitas isolasi dengan prosedur yang memadai, staf teknisi ahli, fasilitas laboratorium, serta fasilitas fisioterapi.

Keempat, rumah sakit bersalin. Rumah sakit bersalin harus memiliki staf profesional yang ahli dan memiliki sertifikasi dalam hal kebidanan.

Ruang yang digunakan pun harus memiliki layanan untuk bersalin secara eksklusif.

Kelima, rumah sakit medis. Seperti namanya, rumah sakit ini harus menyediakan fasilitas tertentu, seperti untuk diagnosis dan terapi obat.

Keenam, rumah sakit jiwa. Adalah rumah sakit yang menangani pasien dengan kebutuhan perawatan mental khusus.

Rumah sakit ini diutamakan untuk menyediakan fasilitas atau keamanan yang dapat melindungi staff maupun pasien dari cedera fisik oleh pasien.

Ketujuh, rumah sakit ortopedi. Adalah rumah sakit yang menangani masalah ortopedi atau tulang.

Demikian beberapa tipe rumah sakit di dunia. Sebenarnya masih ada beberapa tipe rumah sakit, namun beberapa yg disebutkan di atas adalah beberapa tipe rumah sakit di dunia yang sering kali kita dengar.