Cara Memilih Rumah Sakit BPJS Terbaru

Memilih Rumah Sakit BPJS – BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial. Tahukah kalian bahwa sebelum nama BPJS terbentuk, perusahaan asuransi ini sebelumnya memiliki nama PT Askes.

BPJS tidak hanya terkenal dengan BPJS Ketenagakerjaan, tetapi juga BPJS Kesehatan. BPJS Kesehatan ini adalah badan penyelenggara jaminan sosial yang kinerjanya diawasi oleh Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN).

BPJS ini dapat terlaksana dengan lancar dan efisien jika SDM yang dipekerjakan memiliki kualitas dari segi skill dan juga kuantitas yang banyak.
cara-memilih-rumah-sakit-bpjs-dan-beberapa-tips-yang-harus-diperhatikan-sebelum-memilih-rumah-sakit
Dengan perkembangan program BPJS ini, semakin banyak rumah sakit yang dapat dipilih yang merupakan bagian dari BPJS.

Tetapi sebelum kamu memilih rumah sakit BPJS untuk keperluan kesehatan ke depan, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah melakukan pembuatan kartu BPJS Kesehatan.

Kartu BPJS Kesehatan ini dapat kamu gunakan ketika akan memeriksakan diri ke rumah sakit.

Dengan menunjukkan kartu BPJS Kesehatan yang dimiliki, maka kamu akan bebas dari biaya tanggungan langsung ketika memeriksakan diri ke rumah sakit.

Mengapa bisa begitu? Hal ini karena sebelumnya kamu telah membayar secara rutin biaya iuran BPJS per bulan.

Dalam memilih rumah sakit BPJS, ada beberapa cara memilih rumah sakit BPJS yang dapat kamu lakukan sehingga kamu bisa mendapat info mengenai BPJS lebih dalam dan bisa mendapat rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara memilih rumah sakit BPJS yang dapat kamu terapkan, simak dulu, ya!

Tips Memilih Rumah Sakit BPJS

Hal pertama yang sangat perlu kamu perhatikan adalah fasilitas kesehatan tingkat pertama yang disediakan. Dari fasilitas kesehatan ini, akan dimulai layanan kesehatan pertama.

Untuk memeriksakan diri kita tidak dapat langsung datang ke rumah sakit, tapi semua harus dimulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama.

Namun jika kamu memiliki keadaan darurat bisa saja langsung ke rumah sakit. Fasilitas kesehatan tingkat pertama ini bisa dibilang merupakan tingkat primer.

Dari pemilihan faskes tingkat 1 ini, akan berpengaruh juga ke alur berobat nanti. Untuk memilih faskes tingkat 1 ini, kamu harus memilih feskes yang lokasinya tidak jauh dari tempat tinggal.

Mengapa begitu? Tentu karena jika sewaktu- waktu ada kejadian darurat, kamu tidak perlu ke faskes dengan lokasi yang jauh.

Faskes tingkat 1 ini bisa dibilang sangat penting juga karena untuk mengganti faskes yang dipilih memerlukan waktu cukup lama, umumnya hingga berbulan-bulan.

Kedua, fasilitas kesehatan tingkat pertama yang pada umumnya adalah antara puskesmas atau klinik. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya, entah itu puskesmas ataupun klinik memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

Namun, kebanyakan masyarakat memilih klinik karena masalah jam operasional. Jam operasional klinik jika dihitung- hitung lebih lama dan ini sangat menguntungkan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*